Mental Health

Cyberbullying

Dipublish pada : Wed, 28 Dec 2022
Oleh : Ferial Azza putri


Cyberbullying

Hallo teman-teman, disini saya akan menjelaskan tentang cyberbullying yang mana agar kalian paham dan mengerti makna dari cyberbullying itu seperti apa, penyebabnya apa, dll. Mari kita pelajari lebih lanjutt let's goo!!!!!

Cyberbullying adalah tindakan menindas dan mengintimidasi melalui jejaring sosial seperti media sosial, forum atau game yang ada di ponsel, komputer atau tablet. Tindakan menindas secara online ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang berpartisipasi melalui konten-konten yang disebarkan.

Contoh 

* Menyebarkan kebohongan tentang atau memposting foto atau video memalukan seseorang di media sosial

* Mengirimkan pesan, gambar, atau video yang menyakitkan, kasar, atau mengancam melalui platform perpesanan yang

* Meniru identitas seseorang dan mengirim pesan jahat ke orang lain atas nama mereka atau melalui akun palsu.


Apa Dampak dari Cyberbullying?

Ketika kamu ditindas secara online, kamu akan terpojokkan bahkan di rumahmu sendiri. Efek cyberbully ini beragam, ada yang bertahan cukup lama sehingga mempengaruhi hal-hal di bawah ini: 

* Menyerang mental — merasa malu, tidak berguna, kesal, takut, gampang marah

* Emosi yang tidak terkontrol  — kehilangan kepercayaan diri dan minat dalam berbagai hal

* Kondisi fisik — mudah capek, sering mengalami sakit perut dan kepala

Dilecehkan, dicemooh, dan ditertawakan dapat berdampak pada kepercayaan diri seseorang dalam berbicara dan mengatasi masalah mereka. Dalam beberapa kasus bullying ini dapat mengakibatkan seseorang bunuh diri.

Penyebab Cyberbullying

Penyebab terjadinya cyberbully terletak pada motivasi pelaku bullying. Mengapa mereka memilih untuk menggertak dan apa yang membuat mereka begitu percaya diri? Semuanya dimulai ketika satu orang memutuskan untuk melewati batas untuk mempermalukan yang lain. Yaitu : 

1. Kurangnya Empati 

2. Korban pantas dibully

3. Membenci diri sendiri 

4. Menjadi kecanduan

Bagaimana Cara Mencegah Cyberbullying? Mengapa Harus Dilaporkan?

Jika kamu merasa diintimidasi, langkah pertama adalah mencari bantuan dari seseorang yang kamu percayai seperti orang tua, anggota keluarga dekat, atau orang dewasa terpercaya lainnya. Dan jika kamu merasa tidak nyaman berbicara dengan seseorang yang kamu kenal, cari saluran bantuan untuk berbicara dengan seorang konselor profesional.

Bagaimana Cyberbullying dapat Mempengaruhi Kesehatan Mental?

Ketika kamu mengalami bullying ini, kamu mungkin mulai merasa malu, gugup, cemas, dan tidak aman tentang apa yang orang katakan atau pikirkan tentangmu. Hal ini dapat menyebabkan menarik diri dari teman dan keluarga, pikiran negatif, merasa bersalah tentang hal-hal yang kamu lakukan atau tidak lakukan, atau merasa bahwa kamu sedang dihakimi secara negatif. Merasa kesepian, kewalahan, sering sakit kepala, mual atau sakit perut juga sering terjadi.

Efek dari bullying satu ini pada kesehatan mental dapat bervariasi tergantung dari media yang melaluinya. Misalnya, bullying melalui pesan teks atau melalui gambar atau video di platform media sosial terbukti sangat berbahaya bagi kalangan remaja.