Motivasi Diri

Hidup Terlalu Singkat Untuk Khawatir

Dipublish pada : Wed, 28 Dec 2022
Oleh : Nabila Wahyu Cahyati


Hidup Terlalu Singkat Untuk Khawatir

Rasa khawatir dan takut, dalam batasan tertentu, dapat membantu menjaga kita, bahkan melindungi dari marabahaya. Akan tetapi, ada kalanya, rasa cemas membuat keadaan terasa lebih buruk dari yang sebenarnya dan membuat kita berlangsung berkepanjangan dapat menyebabkan kecemasan yang berjangka kewalahan dan kekhawatiran yang panjang.

Pernah merasakan kekhawatiran yang terlalu? Padahal tidak ada suatu hal yang perlu kita khawatirkan. Khawatir itu disebabkan oleh perasaan kita yang berlebih terhadap sesuatu yang bahkan belum tentu terjadi dan tidak seburuk yang kita bayangkan.

Penyebab rasa khawatir itu bisa dari masalah pribadi dalam kehidupan kita, masalah keluarga, masalah ekonomi, masalah hubungan dan lain sebagainya.

Khawatir ini bisa membuat kita cemas akan kehidupan yang akan kita jalani, cara paling mudah untuk mengatasi rasa ini adalah kita serahkan hidup kita ke Tuhan yang menciptakan kita. Kita hanya untuk menikmati kehidupan, tidak perlu mengkhawatirkan tentang hidup yang berlebih karena hidup kita yang singkat akan lebih singkat jika kita punya rasa khawatir yang tidak bisa kita kontrol.

Dibawah ini adalah cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa khawatir, yaitu :

  • Ingat kepada Tuhan, bahwa hidup kita sudah diatur oleh Tuhan
  • Berpikir positif terhadap diri sendiri dan lingkungan
  • Melakukan hal positif