Mental Health

PENTINGNYA SELF ESTEEM UNTUK DIRI KITA SENDIRI

Dipublish pada : Wed, 28 Dec 2022
Oleh : Sylviani Sayogi


PENTINGNYA SELF ESTEEM UNTUK DIRI KITA SENDIRI

"you yourself, as much as anybody in the entire universe, deserve your love and affection" sharon salzberg

 PENTINGNYA SELF ESTEEM UNTUK DIRI KITA SENDIRI

            Kita seringkali mengabaikan diri kita sendiri demi orang lain, entah itu lebih mementingkan kebahagiaan orang lain, lebih bisa menerima orang lain, bahkan lebih memilih untuk mendengarkan orang lain daripada diri kita sendiri. Tentu saja jika hal tersebut terus-menerus kita lakukan, bisa saja kita semakin kehilangan diri kita sendiri. Dengan begitu kita perlu mempunyai self esteem pada diri kita. Lalu, apasih self esteem itu? Sepenting apasih self esteem untuk kehidupan kita?

            Self esteem atau harga diri adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan nilai personal seorang individu, terhadap dirinya sendiri. Self esteem merujuk pada cara kita menghargai, mengapresiasi, dan menyukai diri sendiri. Contohnya, seorang penyanyi yang berani tampil di depan umum ketika bernyayi karena sesuai dengan keahliannya. Namun, ia justru bisa gugup saat menceritakan latar belakang dibalik lagunya di hadapan umum, karena merasa prestasi bukanlah kemampuannya. Self esteem merupakan suatu evaluasi positif maupun negatif terhadap diri sendiri, singkatnya self esteem ialah bagaimana cara kamu melihat dirimu sendiri.

       Orang yang memiliki low self esteem (harga diri yang rendah) akan cenderung membenci dirinya sendiri, kurang percaya dengan kemampuannya, dan lebih rentan terhadap depresi. Namun, jika orang dengan high self esteem (harga diri yang tinggi) akan lebih percaya diri, merasa spesial, dan cenderung narsis. Namun ternyata self-esteem yang terlalu tinggi atau berlebihan pun tidak baik, mereka cenderung akan selalu merasa benar dan ingin didengar. Terkadang mereka tidak menerima kritik dan saran dari orang lain, meski dinilai membangun untuk kalian yang merasa memiliki self esteem yang rendah tidak perlu khawatir, ada beberapa cara sederhana untuk membentuk self esteem pada diri kita, yaitu :

  • ·         Kenali diri melalui hal yang disuka
  • ·         Bentuk pola pikir positif
  • ·         Berhenti membandingkan diri dengan orang lain
  • ·         Memiliki tujuan hidup
  • ·         Terima keadaan diri

        Lalu apa saja yang dapat mempengaruhi peningkatan self esteem pada diri kita? Ada beberapa faktor yang kita perlukan dalam meningkatkan self esteem, antara lain ialah

1. Opini orang lain, biasanya opini orang lain terhadap diri kita ini memiliki opini yang buruk dan dapat menurunkan kepercayaan diri kita. Dengan begitu kita harus pandai untuk menutup kedua telinga kamu rapat-rapat. Abaikan semua celaan dan hinaan dari orang lain, dengarkan saja beberapa kritik yang membangun agar kamu bisa mengevaluasi diri kamu untuk menjadi lebih baik lagi.

2. Pikiran diri sendiriperkataan yang kita ucapkan untuk diri sendiri membekas di pikiran kita, dan kita akan terus memikirkannya seolah-olah semua perkataan itu benar.

3. Keterampilan diri, semakin banyak keterampilan yang kamu punya maka semakin tinggi juga self esteem milikmu. Jangan menyalahkan diri sendiri dan membandingkan diri dengan orang lain ketika gagal dalam mengasah keterampilan.